Laptop Dell Inspiron N4010 adalah sebutan dari laptop 14R, hingga saat ini masih banyak diminati oleh para pecinta teknologi dinegeri Indonesia ini. Laptop ini telah menggunakan sebuah prosesor dari keluarga Intel seri 3, sehingga membuat laptop ini memiliki kinerja yang bagus, tidak hanya itu laptop ini juga memiliki ukuran yang pas dan memudahkan anda untuk membawanya kemanapun. Masih banyak keunggulan yang dia miliki akan tetapi akan terlalu panjang jika dijelaskan.
Tenang jangan kecewa ! Teknisi VTiga akan menggantikan rasa kecewa anda, dengan memberikan sebuah informasi reparasi laptop dell inspiron 14 R ini. Agar pemahaman anda dapat lebih mendalam, simaklah cerita dalam artikel ini. Seorang costumer datang membawa laptop 14 R dalam kondisi mati total, dan meminta agar teknisi VTIGA segera memperbaikinya. Sebelum menerima laptop tersebut sang teknisi menanyakan apa yang menyebabkan laptop anda mati total? Sang costumer langsung menjelaskannya secara mendetill. Laptop 14 R ini adalah laptop pertama dan laptop satu-satunya milik saya, (ucap costumer,) saya menggunakan laptop ini disetiap harinya. Tapi sebelum mengalami mati total, laptop ini sempat mengalami mati sendiri tanpa di shut down, namun ketika saya tekan saklar laptop ini dapat menyala dengan normal. lanjut costumer bercerita, Nah ! dari keterangan diatas, teknisi VTiga langsung melakukan pembongkaran sekaligus pengecekan pada tiap-tiap komponen.
Bagaimanakah cara perbaikan yang dilakukan oleh sang teknisi ? Penasaran bagaimana caranya ? Perhatikan dengan benar dan jangan biarkan mata anda beralih dari artikel ini.

Pertama-tama, seperti biasa dalam melakukan perbaikan, anda harus memeriksa tegangannya terlebih dahulu. Dalam kasus ini, Power supply langsung protek pada saat melakukan pengecekan tegangan dengan menekan saklar, hal ini menunjukan adanya yang konslet pada tegangan.
Melakukan pemeriksaan hanya dengan satu arah terkadang membuahkan hasil yang tidak aktual, maka dari itu teknisi VTiga melakukan pengujian kedua, yaitu dengan melakukan trik serupa, akan tetapi trik kedua ini dilakukan tanpa memasang baterai, Namun hasilnya tetap sama.

Memastikan sebab kerusakan sudah dilakukan, Lalu bagaimana cara memperbaikinya ? Mudah, cukup cari komponen yang rusak. Ingat komponen rusak! untuk menemukan letak komponen rusak anda harus menelusurinya menggunakan multi tester
Setelah melakukan pemeriksaan dengan menelusuri satu persatu komponen, akhhirnya teknisi VTiga berhasil menemukan letak kerusakannya.

Dimanakah letak kerusakannya ? perhatikan gambar dibawah ini !

Sudah jelas bukan ! komponen yang rusak pada laptop Dell Inspiron 14R tedapat pada kapasitor non polar yang letaknya dekat dengan prosesor. Agar laptop Dell Inspiran dapat hidup kembali, teknisi VTiga langsung mencabut dan mengganti kapasitor tersebut. Sesudah dicabut dan mengganti kapasitor, sang teknisi melakukan pemeriksaan tegangan kembali, (hasilnya normal). Karena tegangan sudah kembali normal, secara otomatis laptop dapat hidup kembali.
Begitulah trik perbaikan yang dapat anda aplikasikan dirumah, jika mengalami kesulitan anda dapat menghubungi VTiga, dan anda juga dapat mengikuti pelatihan di VTIGA TRAINING CENTER.
Kembali pada kasus kerusakan laptop Dell Inspiron 14R, kondisi laptop memang dapat menyala, akan tetapi terdapat masalah lain pada leptop tersebut. Laptop tiba-tiba mati disaat keadaan hidup.
Nah! Bila terjadi seperti itu, apa yang harus dilakukan ? Simaklah trik reparasi Laptop Dell Inspiron 14R pada episode berikutnya, karena VTiga akan kembali lagi untuk anda semua
DAPATKAN