VTiga kursus teknisi handphone dan laptop datang kembali dengan mebawa sebuah informasi reparasi laptop ACER NO PAV70 yang memeiliki kasus : Hidup tetapi kemudia mati. Jika anda menemukan kasus seperti ini, maka ada banyak kemungkinan-kemingkinan :
1. Ada komponen yang sudah usang
2. Terjadi konslet pada salah satu komponen
3. Kondisi pasta pada chipset
4. Dan lain sebagainya
Untuk dapat memastikan kerusakan pada laptop/ notebook, maka langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu cek kondisi arus dengan menggunakan power supply. Dan setelah dicek dengan POWER SUPPLY, arus bergerak normal dari posisi nol lalu naik ke 200mA-600mA, kemudian netbook hidup tetapi hanya sebentar lalu arus turun ke nol. Kondisi ini menunjukan bahwa pada netbook, tidak terjadi konslet, dan ini artinya harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
Setelah Netbook diperiksa ternyata kipas pendingin pada processor tidak berputar , hal ini akan menyebabkan chipset overheat (kepanasan), hingga IC EC akan mengeluarkan perintah protect dengan menonaktifkan semua system.
Untuk menangani keadaan ini anda cukup cek tegangan pada konektor kipas pendingin ( lihat gambar)
Disana harus ada tegangan sebesar 3.3V saat saklar ditekan, dan ternyata tidak ada. Bagaimakah cara menanganinya ? Untuk masalah ini anda cukup menjumper jalur tegangan 3.3V yang berasal dari kumparan pada rangkaian 3,3V/5V.
Setelah dilakukan teknik jumper, ternyata netbook hidup normal, akan tetapi dengan cara ini ada satu masalah lagi yaitu kipas akan berputar walaupun saklar belum ditekan dan kipas akan selalu berputar.
Apabila anda ingin netbook anda benar-benar normal, anda perlu mempelajari struktur dan cara kerja (system) dari laptop/PC, anda juga harus menguasai teknik pembacaan skema, untuk itu VTiga Kursus Teknisi HP dan Laptop akan membimbing anda sampai anda bisa menguasai teori dan cara kerja laptop sedetail-detailnya. Dengan anda bergabung di VTiga , anda tidak perlu takut akan kecewa, karena hanya VTiga yang berani memberikan garansi uang kembali, jika anda sampai gagal menjadi seorang teknisi yang handal.