Mungkin anda sering mengalami Laptop / Notebook anda Crash , Freeze , atau lebih dikenal masyarakat dengan istilah “ hang “ ? Kasus lain juga yang mungkin anda alami Laptop / Notebook anda restart dan reboot sendiri ? Atau juga Laptop / Notebook anda tiba – tiba layarnya menjadi biru ( blue screen ) . Jika Laptop / Notebook anda mengalami hal – hal tersebut . Kami punya tips & trick yang mungkin dapat membantu anda .

Untuk mengatasi hal tersebut , langkah yang harus kita lakukan adalah menemukan detail permasalahannya ( mencari sumber masalahnya ) secara spesifik. Berikut ini beberapa kiat yg dapat membantu anda menemukan rincian ( detail ) permasalahan yang dialami Laptop / Notebook anda.

Sebagai contoh, ada kerusakan pada komponen tertentu pada Laptop / Notebook yang mungkin merujuk pada driver perangkat tertentu di Laptop/Notebook. Ini bisa berarti bahwa driver perangkat itu sendiri mengalami “bugs” [*adanya file pada driver yang tidak dapat atau salah dibaca oleh sistem operasi Laptop / Notebook anda ] . Disisi lain , bisa juga perangkatnya yang mengalami kerusakan sehingga tidak terdeteksi oleh Laptop / Notebook anda. Sisi baiknya , hal ini akan membantu anda memulai pencarian kerusakan yang di alami oleh Laptop / Notebook anda .

Periksa Reliabilitas Monitor

Reabilitas Monitor akan menampilkan aplikasi yang di akses system terakhir kali dan aplikasi yang mengalami “crash”. Fitur ini telah ditambahkan pada System Operasi “ Windows Vista dan akan hadir pada semua versi modern Windows. Untuk membuka fitur ini ,Tekan Tombol Windows satu kali dan ketik “ Reability “. Click atau tekan enter untuk menjalakan pemintas ( shortcut ) “ View reliability history ”.

Jika Windows anda mengalami “ crash “ atau “ freeze “ anda akan melihat tulisan “ Windows Failure“ pada tampilan tersebut. Aplikasi yang crash akan muncul di bagian bawah“Application failures”. Informasi lainnya pada tampilan ini sebenarnya bisa berguna. Sebagai contoh , turut juga di tampilkan ketika anda menginstall berbagai jenis perangkat lunak ( software ).

Jika crash mulai terjadi setelah Anda menginstal program tertentu atau driver hardware. Program tersebutlah yang menjadi penyebab permasalahan yang dialami oleh Laptop / notebook anda.

windows-realibility-monitor

*Disclaimer : informasi di atas diperoleh dari berbagai sumber bukan milik kursuslaptop.com , hanya untuk tujuan pendidikan dan menambah wawasan.