Kehilangan konektivitas Wifi pada perangkat Laptop tentunya merupakan suatu hal yang sangat menyebalkan. Terutama pada saat – saat yang amat diperlukan . Seperti halnya, saat kita ingin browsing menc ari bahan referensi tugas sekolah , bahan makalah , atau bahkan bahan skrispsi. Atau pun, saat ingin menyaksikan film – film kesayangan kita secara streaming di internet. Kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa penyebab dan solusi mengapa Wi-Fi pada Laptop kesayangan kita tidak berfungsi sebagai mana mestinya.

Secara Umum, Wi-Fi pada laptop tidak berfungsi disebabkan oleh Driver Wi-Fi yang terinstall tidak sesuai dengan Wi-Fi Card yang terpasang pada motherboard laptop anda. Untuk itu pastikan secara detail apakah Driver Wi-Fi yang terinstall pada perangkat laptop anda sesuai dengan Wi-Fi Card yang ada miliki. Jika 1 nomor seri saja berbeda , maka hal ini dapat menyebabkan Fitur Wi-Fi pada Laptop Anda tidak akan berjalan. Anda dapat menemukan Driver Wi-Fi yang sesuai dengan mengetikkan kata kunci pada seach engine Google . Contoh : Driver Wi-Fi Asus 3450 , Driver Wi-Fi Accer Aspire One E450i , dan lain sebagainya. Pastikan anda mengetikkan merck dan nomor seri laptop anda dengan benar. Agar, mesin pencari menampilkan hasil yang benar pula .

Beberapa Hal dibawah ini perlu anda perhatikan

Cek WiFi di Laptop

Pertama – tama kita harus memastikan apakah Wi-Fi pada laptop sudah menyala. Beberapa laptop memiliki tombol Wi-Fi tersendiri. Anda harus menyalakan tombol Wi-Fi  terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan Wi-Fi.  Sama halnya dengan smartphone android , apabila Wi-Fi tidak dinyalakan yah sama aja deh ga bisa connect connec t ke internet. Hal ini memang terkesan cukup sepele . Namun , hal ini sering membuat sebagian orang kebingungan. Padahal solusinya bisa saja ada di depan mata.

Cek Modem WiFi dan Password

Sebenarnya hal ini Jaka sudah bahas sebelumnya. Kamu harus mengecek modem atau router yang kamu gunakan sudah menyala atau belum. Kemudian cek password-nya benar atau tidak. Lalu cek sudah berapa perangkat yang terkoneksi, dan coba menggunakan perangkat lain.

 

Tombol WiFi Rusak

Untuk menyalakan WiFi di laptop, biasanya kita menggunakan kombinasi tombol Fn+F2, atau tombol lain tergantung merk dan tipe laptop. Selain menggunakan kombinasi tombol, ada pula laptop yang disertai tombol khusus untuk menyalakan dan mematikan WiFi. Tombol ini bisa saja mengalami kerusakan sehingga ketika kamu pencet berkali-kali, WiFI tak kunjung menyala. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa menyalakan adapter WiFi kamu secara manual menggunakan Control Panel. Berikut langkahnya:

  • Buka Control Panel di laptop kamu. Kamu pasti tahu, kan ya Control Panel adanya di mana?

  • Pilih pengaturan “Network and Sharing Center”.

cara-mudah-memperbaiki-wifi

 

Di kolom sebelah kiri, pilih “Change adapter settings”.

solusi-perbaikan-wifi

Pilih adapter WiFi kamu, lalu klik “Enable this network device”.

trik-mendapatkan-signal-wifi

 

Sekarang harusnya WiFi di laptop kamu sudah bisa kembali menyala dengan normal.

Ganti WiFi Adapter Portable

Ini adalah solusi terakhir, namun yang paling praktis dan gampang. Kalau ternyata perangkat WiFi kamu sudah benar-benar rusak, mendingan kamu beli WiFi dongle USB. Alat ini menggantikan fungsi wireless adapter pada laptop kamu dengan cara yang sangat sederhana. Kamu tinggal colokin perangkat kecil ini di port USB laptop kamu. Terus install Driver-nya, jadi deh. Laptop kamu sudah bisa menggunakan WiFi seperti sediakala. Harganya juga terjangkau, bahkan ada yang cuma 35 ribu-an. Tapi Jaka saranin beli yang bagus walaupun agak mahal. Karena selain lebih awet, kecepatannya juga lebih besar. Sehingga kamu bisa ber-internet dengan lancar dan nyaman.

Itulah beberapa masalah WiFi yang sering dihadapi oleh para pengguna laptop. Masalah-masalah tersebut sebenarnya dapat ditangani dengan cara yang sangat sederhana apabila kita bisa mendeteksi masalahnya terlebih dahulu. Jadi, nggak usah buru-buru klaim garansi atau diservis ya! Nah, kalau kamu pernah mengalami masalah lain tentang WiFi di laptop serta cara lebih praktis dalam mengatasinya, kamu bisa tulis pada kolom comment di bawah ini ya!