Laptop Anda Lemot dan sangat lama start adalah problema yang tidak hanya terjadi pada laptop tua. Namun, sering juga terjadi pada laptop masa kini yang hari – hari ini beredar di kalangan masyarakat modern. Kira – kira apa yah penyebabnya ?? Hal ini bisa disebabkan oleh gangguan pada bagian hardware ( perangkat keras ) maupun bagian software ( perangkat lunak ). Contohnya  gangguan bagian software bisa berupa kerusakan pada system operasi ( OS : Operating System ) yg dipicu oleh Aplikasi Perusak yang berisi Virus .

Laptop Lemot ditandai dengan proses start-up yang berkepanjangan, secara normal laptop anda membutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga menit untuk melakukan proses boot ke deskstop. Namun , jika Laptop anda lemot proses ini akan memakan waktu yang sangat lama kurang lebih di atas sepuluh sampai lima belas menit , bahkan bisa lebih. Permasalahan ini sangat menjengkelkan bukan ?? apalagi saat kita sedang dituntut untuk melaporkan pekerjaan atau menyelesaikan pekerjaan lainnya yang mengharuskan kita untuk menggunakan Laptop kita .

Berikut ini diagnosa umum mengapa hal tersebut bisa menimpa laptop kesayangan anda
1. Kapasitas Memori yang dipasang tidak cukup.
2. Adanya Aplikasi Perusak , Virus , dan sejenisnya.
3. Banyaknya aplikasi software yang terdaftar pada saat startup windows.
4. Hard Drive Anda Rusak.
Setelah memperhatikan beberapa diagnosa umum di atas , kita lanjut ke bagian solusi permasalahannya.

Untuk langkah awal , kita dapat mengecek Kapasitas Memori yang masih tersedia di Laptop kita. Karena , Kapasitas memori yang tersisa terlalu sedikit atau bahkan nyaris penuh dapat menyebabkan Proses Start-Up yang relatif lebih lama dari durasi yang seharusnya. Hal seperti ini umumnya menimpa laptop – laptop generasi awal atau keluaran yang lebih lama dari yang beredar di pasaran saat ini. Untuk Sistem Operasi Windows XP sebaiknya menggunakan Memori ( RAM ) paling tidak 1 GB , Untuk Windows Vista / Windows 7  Memori (RAM )paling tidak 2 GB , dan untuk Windows 8 Memori ( RAM ) 8 GB . Dengan demikian , laptop anda barulah dapat beroperasi dengan lancar.

Langkah berikutnya ,  kita akan mengamati serangan virus . Apakah Laptop kesayangan kita terjangkit virus ? karena virus dapat dengan signifikan memperlambat kinerja laptop kesayangan kita . Kejadian ini biasanya terjadi saat sudah sampai ke menu dekstop sementara proses sebelumnya belum berjalan dengan tuntas dan sebagaimana seharusnya.

Pada tahap ini kita memerlukan Software Anti-Virus yang cukup mumpuni dan tentunya ekonomis. Anda tidak perlu merogoh kocek dalam jumlah yang fantastis untuk memperoleh software Anti-Virus pada zaman sekarang ini. Anda dapat mencoba beberapa software anti-virus berikut ini : Avast , Avg , Microsoft Secure Essential . Apabila Laptop kesayangan kita terjangkit Malware, saya merekomendasikan “ Zemana “. Software – software tadi dapat anda cari di mbah “ Google “ semuanya Free .

Langkah selanjutnya adalah mengecek banyaknya Software yang terdaftar pada saat startup. Jika anda belum mengetahui caranya janga khawatir. Ikuti Langkah – Langkah berikut ini :

• 1. Klik START – All Program – Accessories – Run

• 2. Setelah Run terbuka, ketik msconfig dan klik OK.

• 3. Kemudain masuk ke tab Startup, dan hapus centang pada beberapa aplikasi yang tidak penting.

• 4. Setelah selesai memilih, klik OK dan akan muncul dialog untuk Restart. klik Restart saja.

• 5. Dan proses telah selesai, kini hanya beberapa aplikasi yang di centang saja yang akan berjalan pada saat startup atau pertama kali PC dinyalakan. Semoga komputer Anda tidaklah lemot lagi.

Dan yang terakhir adanya kerusakan pada Hard Drive anda . Untuk hal ini , maka anda perlu mengganti Hard Drive anda dengan Hard Drive yang baru. Namun , terkadang Hard Drive tidak terbaca dikarenakan over heat ( Panas berlebihan akibat dipakai terus menerus sec ara membabi buta ). Dalam hal ini , ada beberapa kasus Hard Drive masih dapat dipergunakan. Akan tetapi, kinerja Hard Drive tersebut tidak akan berjalan selancar kondisi semula atau sebanding dengan anda Mengganti Hard Drive baru .
Demikian sharing kita kali ini . . . .

Sampai Bertemu di Tips & Trick Berikutnya

Salam V-Tiga.Com ( Datang , Lihat dan Pelajari , Kuasai dan Jadilah Mahir )
V3 “ Veni Vedi Veci “

– Julio Caesar ( Rome Kingdom Emperor )